Perbaiki Diri dengan Meningkatkan Keberanian

Akhir tahun sudah di depan mata. Biasanya banyak orang membuat berbagai resolusi untuk memperbaiki dan mencapai apa yang belum sempat terlaksana, baik berkaitan dengan pengembangan diri ataupun sehubungan dengan perbaiki relasi dengan orang lain. Nyatanya, membuat perubahan yang dimulai dengan diri sendiri tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Mengapa? Karena perubahan menjadi sesuatu hal yang baru sering kali menimbulkan kekhawatiran dan ketidakpastian.

Coba Anda kilas balik ke belakang, berapa banyak rencana-rencana Anda sudah terlaksana sepenuhnya? Apakah resolusi Anda tahun lalu berhasil Anda capai di tahun ini? Apakah rencana tersebut tidak terwujud karena Anda kurang memiliki keberanian melakukan hal yang berbeda dari sebelumnya? Keberanian adalah kemampuan menghadapi situasi sulit, ketidakpastian, dan ketidaknyamanan tanpa rasa takut yang bisa menghalangi melakukan berbuat hal tersebut.

Yuk mulai melangkah disertai keberanian itu. Keberanian bagaikan otot, jika tidak digunakan maka ia akan melemah dan sama sekali tidak bermanfaat. Dan hal itu dapat dimulai dari hal kecil. Jangan sepelekan hal kecil yang dilakukkan dalam waktu lama dan konsisten, karena hasilnya pasti akan mengagumkan. Beberapa di bawah ini adalah beberapa tips dari penulis buku inspirasi hidup dan seorang psikoterapis, Mary Jaksch untuk mengembangkan keberanian dari hal-hal yang sedehana:

  1. Lakukan sesuatu yang benar-benar baru. Menjadi pemula memang seringkali tidak nyaman, dibutuhkan keberanian untuk berada di kumpulan orang-orang yang sudah mahir.
  2. Bepergian ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi. Rutinitas seringkali membuat kita terjebak dengan hal yang kurang bervariasi. Apakah Anda selalu melewati rute bepergian yang sama? Datang ke restoran yang itu-itu saja? Cobalah tempat-tempat baru!
  3. Katakan apa yang Anda rasakan. Sering kali kita menahan hal yang ingin diungkapkan karena takut. Salah satu cara terbaik melatih keberanian adalah mengatakan hal positif langsung kepada orang yang bersangkutan, walaupun Anda grogi mengutarakannya.
  4. Bicara pada orang yang tidak Anda kenal. Bayangkan Anda di sebuah acara berisi orang yang tidak ada Anda kenali. Pasti terasa kikuk. Anda akan merasa lebih baik jika mau memulai percakapan dengan orang yang tidak Anda kenal. Awali percakapan dengan hal umum yang bisa dibicarakan.
  5. Membenarkan apa yang Anda tahu tentang orang lain. Jika Anda melihat hal yang menurut Anda kurang berkenan berkaitan degan orang lain, apakah Anda diam saja atau berkata sesuatu? Cobalah berani mengutarakan hal sebenarnya yang Anda tahu, ini akan membuat keberanian berkembang.
  6. Belajar untuk berteriak. Misal, jika Anda berlatih beladiri, hal pertama yang dilakukan adalah berteriak. Khususnya wanita jarang melakukan hal ini. Harga diri yang rendah membuatnya tidak tahu bagaimana meninggikan suaranya. Anda bisa melakukannya saat olahraga, di pantai, atau di atas bantal. Teriakan yang berasal dari perut adalah sumber energi baik dan keberanian.
  7. Berpakaian sesuai selera Anda. Jika di waktu kerja Anda terbatas memakai kostum dengan tata cara tertentu, maka di waktu santai, pakailah baju sesuai selera Anda. Ekspresikan diri Anda melalui cara berpekaian!

Ingatlah, Anda akan sulit melakukan perubahan besar jika dari hal kecil saja Anda tidak terbiasa melakukannya. Apapun bentuknya walau sederhana dan terlihat kecil selama tidak merugikan dan menyakiti orang lain, adalah kesempatan melatih otot keberanian Anda.

2 comments on “Perbaiki Diri dengan Meningkatkan Keberanian

  • Leave a comment